Apa itu SEO ? Backlink, Cross Link, Keyword, Google Bot

0

Seo adalah Cara menaikkan posisi serp sebuah website di mesin penelusuran. Secara sederhananya seo bisa di bilang ilmu yang tidak pasti karena terus berkembang mengikuti algoritma yang di pakai oleh mesin telusur tersebut.

Ketika belajar seo yang harus di perhatikan adalah tanggal berapa artikel tersebut di terbitkan. Bila sudah lebih dari 6 bulan yang lalu, besar kemungkinan tutorial yang ada di artikel tersebut sudah tidak di gunakan di algoritma yang sekarang.

Jadi, sebelum membaca artikel seo sebaiknya lihat tanggal di publikasikan nya artikel tersebut.

Sudah banyak yang membahas bahwa seo terbagi dua yaitu seo on page dan seo off page. Tetapi saat ini ada satu penambahan lagi yaitu fungsi dari sosial media.

Alat seo yang di gunakan biasanya adalah google analitik, tools riset kata kunci, alexa rank dan google webmaster search console

Backlink juga sangat berperan penting dalam optimasi seo off page. Pengertian backlink adalah tautan masuk ke situs anda. Dengan kata lain link yang menuju ke blog anda itulah yang di sebut sebagai backlink.

Filosofi google mengenai backlink adalah bila situs anda bermanfaat maka sudah tentu orang lain (situs lain) akan memberikan tautan ke situs anda. Bisa di sebut juga bahwa blog anda di rekomendasikan oleh blog lain bila tulisan anda bagus dan baik.

Bila tulisan kita tidak banyak manfaatnya tentu orang lain tidak akan merekomendasikan situs kita. Jadi buatlah artikel yang baik dan bermanfaat supaya bisa mendapatkan banyak link melalui cara yang alami yaitu di rekomendasikan orang lain.

Tautan masuk adalah bakclink untuk blog kita. Sedangkan tautan keluar dari blog kita menuju blog lain adalah backlink untuk orang lain (blog lain). Tentu link yang kita rekomendasikan pasti artikel yang bermanfaat.

Beberapa pertanyaan seputar SEO

Apa itu google bot ?

Google bot adalah robot google yang bertugas untuk mengindex dan mengcrawler sebuah laman dan juga untuk memperbarui laman tersebut di data base google.

Proses pengindeksan di lakukan oleh google untuk mengumpulkan data terbaru dari sebuah halaman.

Apa yang di maksud cross link dan apa fungsi dari cross linking ?

Cross link adalah proses pertukaran link yang dilakukan antar pemilik website. Cross link ini bisa dilakukan oleh dua orang webmaster atau lebih.

Situs yang saling berutkar link biasanya mempunyai laman yang membahas tema yang sama. Dengan topik yang sama saling bertukar link tentu akan memperkuat refrensi sesuai topik yang di bahas.

Hal tersebut tentu akan mempengaruhi posisi laman tersebut di google penelusuran. APa pengaruhnya ? Bisa jadi salah satu laman akan naik posisi nya di google search bisa juga posisinya akan turun. Tergantung dari seberapa kuat otoritas situs yang saling bertukar link tersebut menurut google.

Tipsnya adalah, bila ingin melakukan crosslink yang terpenting lihat dulu blog teman kita tersebut, apakah memiliki konten yang serupa atau tidak. Selain itu juga perhatikan seberapa banyak artikel di blog mereka, dan juga umur domain memiliki peranan penting.

Jadi jangan sembarangan membuat atau ikut dalam crosslink. Yang paling aman adalah menunggu orang lain dengan senang hati merekomendasikan blog kita di dalam blog nya. Itu akan sangat natural dan google suka dengan hal tersebut.

Apa tujuan memakai kata kunci dalam seo ?

Tujuan nya adalah memudahkan robot spyder google memposisikan sebuah laman dengan tingkat kecocokan terbaik. Tentu bukan hanya kata kunci yang menjadi acuan google untuk memberikan pemeringkatan, tetapi hal utama yang dilakukan google adalah menentukan kata kunci sesuai dengan kata dan frasa yang di cari user.

Sekian saja ulasan singkat ini, pembahasan akan di lanjutkan pada aritkel berikutnya, jadi tunggu update dari blog turkel-committee.com ini ya, sekian dan terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More