Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat dan Alami

Banyak Cara untuk Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat dan Alami. Semua akan di bahas secara tuntas mulai dari penyebab jerawat sampai cara mengatasinya.

Jerawat merupakan salah satu hal yang terkadang membuat anda tidak percaya diri. Apalagi di usia remaja yang sering mengalami timbulnya jerawat. Namun tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga bisa mengalami hal tersebut.

 Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat dan Alami

Sebelum masuk ke cara menghilangkan jerawat ada baiknya anda kenali dulu penyebab dari jerawat tersebut. Supaya dilain waktu tidak terulang kembali hal yang serupa.

Penyebab Jerawat

Penyebab utama munculnya jerawat pada wajah adalah dari faktor makanan. Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan jerawat dari faktor makanan :

1. Terlalu sering mengkonsumsi Makanan manis

Selain menyebabkan jerawat, makanan manis juga bisa menyebabkan kulit menjadi keriput dan tidak sehat.

Makanan manis yang dimaksud adalah makanan makanan yang banyak mengandung gula. Contohnya pada roti putih, cake dan cokelat. Secara teknis makanan yang manis banyak mengandung kadar glukosa yang tinggi dalam tubuh yang akan merangsang kenaikan hormon insulin. Hormon insulin adalah hormon yang bertugas mengolah glukosa di dalam tubuh kita.

Peningkatan hormon insulin bisa memicu peningkatan jumlah sel kelenjar minyak dan juga kelenjar keringat pada wajah anda. Hal inilah yang akan menyebabkan timbulnya jerawat.

Selain itu, tingginya kadar glukosa dalam darah dapat memicu timbulnya jerawat, karena akan meningkatkan produksi minyak yang bersifat lebih kental. Ini dapat menyebabkan penyumbatan pada pori-pori wajah anda yang akan menyebabkan proses peradangan.

Diet dengan makanan yang memiliki beban glikemik rendah bisa memperbaiki gejala jerawat yang meradang. Beban glikemik yang di makdus berbeda dengan indeks glikemik.
Untuk menghindari makanan manis berlebih, simak beberapa tips berikut ini :

Konsumsi makanan dengan indeks glikemik yang rendah (di bawah 55) seperti terdapat pada roti gandum, nasi merah, atau keripik jagung yang tanpa garam.

Seimbangkan makanan dengan indeks glikemik tinggi dengan makanan indeks glikemik rendah.

Atur porsi makan besar anda dengan porsi makan kecil. Atau dengan porsi makan kecil namun lebih sering.

Konsumsi lebih banyak sayuran dan buah-buahan.

2. Makanan dengan kandungan minyak berlebih

Makanan penyebab jerawat lainnya selain makanan manis adalah makanan yang berminyak. Makanan berminyak termasuk kentang goreng, keripik, dan gorengan. Makanan berminyak dapat membuat kelenjar minyak di kulit memproduksi lebih banyak minyak. Peningkatan asupan minyak dalam tubuh bisa menyebabkan kulit wajah berminyak dan juga memicu terjadinya jerawat.

Asam lemak dalam makanan berminyak juga bisa meningkatkan peradangan. Juga bisa menyebabkan jerawat yang sudah ada menjadi lebih banyak pada wajah.

Kurangi makanan yang banyak mengandung minyak. Anda tidak harus meninggalkan makanan tersebut dengan segera tetapi cobalah mengurangi porsinya perlahan. Lama kelamaan anda akan terbiasa dan kemungkinan bisa meninggalkannya di lain waktu

3. Susu dan Olahan Susu

Berbagai jenis Susu dan produk olahan susu seperti keju dan mentega dapat memicu munculnya jerawat. Dan juga dapat menyebabkan jerawat menjadi lebih banyak.

Produk Olahan susu lebih mungkin memicu peningkatan hormon insulin dan IGF-1. Beberapa contoh olahan susu adalah :

  • Yogurt
  • Es krim
  • Susu dengan perisa
  • Susu rendah lemak

Produk olahan susu tersebut Cenderung memiliki gula yang banyak sehingga dapat meningkatkan risiko peningkatan hormon insulin.

Tingginya kadar insulin dan IGF-1 dalam darah akibat mengkonsumsi makanan tersebut akan memicu reaksi pertumbuhan sebum yang lebih cepat untuk berkembang menjadi jerawat. Selain itu, jumlah protein dari susu tersebut juga dapat memicu kompleksitas masalah kulit melalui adanya peradangan akibat peningkatan hormon androgen.

Penyebab Munculnya jerawat selain faktor makanan :

1. Menyentuh wajah dengan tangan kotor

Kebiasaan buruk yang biasanya kita lakukanan adalah lupa mencuci tangan. Dengan kondisi tangan yang yang tidak bersih lalu menyentuh wajah maka tentu akan membuat kuman menempel di wajah.
Kuman yang menempel di wajah tersebut bisa menyebabkan jerawat.

2. Rambut yang kotor

Untuk kamu yang memiliki rambut yang panjang, seringlah keramas. Karena rambut yang jarang keramas banyak mengandung kuman.

Apabila rambut yang panjang tersebut menempel di wajah dan kondisi rambut kamu banyak mendandung kuman maka tentu akan menyebabkan munculnya jerawat.

3. Terlalu sering cuci muka

Jangan terlalu sering cuci muka. Mencuci muka dengan intensitas tinggi tentu tidak baik untuk kesehatan wajah.

Cukup cuci muka anda dua kali sehari. Atau saat mandi. Gunakan sabun yang cocok dengan kondisi kulit wajah anda.

Sebelum aktifitas mencuci muka dilakukan, hal terpenting adalah mencuci tangan terlebih dahulu.

4. Sering menyentuh jerawat.

Jangna suka memegang atau menyentuh jerawat. Hal tersebut akan menyebabkan jerawat menjadi semakin besar. Jadi biarkan saja tidak usah di sentuh apalagi di pencet.

Bila anda memencet jerawat tentu akan membuat luka pada wajah anda.

5. Penggunaan kosmetik yang tidak tepat.

Sebelum membeli produk kosmetik ada baiknya anda membaca dengan teliti. Pakailah produk kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit anda.

Penggunaan kosmetik yang tidak tepat dengan jenis kulit tentu akan menyebabkan timbulnya penyakit di wajah yaitu jerawat dan iritasi kulit.

21 Cara Menghilangkan Jerawat

Bila sudah terkena jerawat apalah daya anda tentu harus menghilangkan jerawat tersebut supaya wajah anda kembali bersih dan cantik. Berikut ini cara menghilnagkan jerawat dengan mudah :

Air Perasan Buah Lemon

Buah lemon mengandung asam askorbat yang dapat mengurangi peradangan. Dan juga bisa membersihkan pori-pori wajah.

Selain itu buah lemon juga bisa mencerahkan kulit wajah sekaligus penghilnag noda di wajah.Sehingga bisa di gunakan untuk menghilangkan jerawat secara alami.

Ambil satu buah lemon kemudian tekan sedikit demi sedikit lemon tersebut. Gunanya supaya banyak mengandung air.

Potong buah lemon tersebut menjadi dua bagian dan peras. Siapkan mangkok atau gelas untuk menampung air perasan lemon tersebut.

Oleskan air hasil perasan lemon tersebut ke wajah anda. Biarkan sekitar 15 menit. Dan segera bilas dengan air dingin. Lalu keringkan wajah kamu dengna handuk bersih.

Cara ini bisa di lakukan setiap pagi supaya mengurangi peradangan pada jerawat kamu.

Irisan Timun

Timun mengandung anti oksidan, asam amino, mineral dan juga vitamin C. Kandungan vitamin pada timun bisa untuk menghilangkan racun dan melembabkan kulit anda. Dan juga bisa untuk membersihkan jerawat.

Iris timun tipis-tipis dan tempelkan irisan timun tersebut ke wajah sekitar 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Kulit Jeruk

Kulit jeruk mengandung asam alfa hidroksi dan vitamin C yang bisa di gunakan untuk menghilangkan jerawat dengan cepat dan alami. Kulit jeruk mampu membersihkan pori-pori kulit wajah yang tersumbat kotoran dan juga debu.

Selain itu bisa juga untuk mengangkat sel kulit mati di wajah anda.

Untuk menggunakan kulit jeruk cukup mudah yaitu dengan mengupas kulit jeruk kemudian jemur selama beberapa hari hingga kering. Haluskan kulit jeruk yang sudah kering tadi hingga menjadi sebuk.

Oleskan pada wajah dan diamkan selama beberapa menit kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan wajah dengan handuk yang bersih.

Putih Telur

Putih telur mengandung Enzim Lysozim yang berguna untuk menghancurkan dinding sel bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, Putih telur juga bisa mengecilkan pori-pori dan juga mengurangi minyak pada wjah

Ambil satu butir telur kemudian pisahkan kuning dan putih telur tersebut. Kocok putih telur hingga mengembang.

Oleskan putih telur pada wajah anda. Tunggu beberapa mening hingga mengering. Jangan lupa bilas dengan air hangat dan gunakan handuk yang bersih.

    Lidah Buaya

    Lidah buaya sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat anda. Kandungan zat aktif lidah buaya seperti polisakarida dan hormon goberelin mampu membunuh bakteri penyebab jerawat.

    Lidah buaya juga kaya akan mineral, anti oksidan dan vitamin C dan E yang berfungsi untuk mempercepat penyembuhan kulit yang berjerawat.

    Potong lidah buaya menjadi dua bagian dan buang bagian yang berduri. Ambil gel lidah buaya kemudian letakkan dalam wadah.

    Oleskan gel lidah buaya tersebut di jerawat anda. Tunggu hingga 3-5 menit kemudian bilas dengan air dingin.

      Pepaya

      Pepaya mengandung enzim papain yang fungsinya untuk membersihkan sel kulit mati. Pepaya juga mengandung anti oksidan dan vitamin yang bisa untuk mencerahkan kulit. Selain itu juga bisa mengatasi kulit yang kemerahan dan mengurangi peradangan.

      Potong pepaya menjadi beberapa bagian kecil. Haluskan hingga menjadi bubur. Tambah satu sendok mdu dan perasan air lemon.

      Kemudian oleskan di bagian wajah yang berjerawat. Tungu hingga 15 menit dan bilas dengan air panas hingga bersih.

        Bawang Putih

        Bawang putih mengandung senyawa Thiacremonon Sulfur yang bisa mengeringkan jerawat. Dan juga bawang putih mengandung senyawa allicin yang bersigat anti septik untuk menangkal bakteri penyebab jerawat.

        Haluskan bawang putih kemudian tambah sedikit cuka apel. Kemudian oleskan pada wajah yang berjerawat.

        Diamkan beberapa menit kemudian cuci dengan air hangat sampai bersih.

        Madu

        Madu mengandung anti septik yang mampu mengurangi peradangan di kulit. Dan juga bisa membunuh bakteri.

        Madu juga berfungsi sebagai probiotik alami. Gunanya untuk mencegah jerawat batu.

        Oleskan madu pada wajah yang berjerawat. Bisa gunakan media kapas untuk mengoleskannya. Tunggu hingga 45 menit.

        Setelah madu kering di wajah dan terasa lengket, bilas dengan air dingin dan jangan lupa keringkan wajah dengan handuk yang bersih.

        Jangan terlalu sering menggunakan madu tersebut. Cukup 3 kali dalam seminggu.

          Es Batu

          Es batu bisa dengan mudah kamu temukan dalam lemari es. Es batu berfungsi untuk mengurangi peradangan kulit.

          Bungkus es batu tersebut dengan kain yang bersih. Lalu oleskan pada wajah yang berjerawat selama beberapa detik.

          Ulangi langkah tersebut beberap kali. 
           
          Alpukat + Madu

          Buah alpukat mengandung vitamin E yang bisa mengurangi peradangan pada kulit sehingga sangat bagus untuk menghilangkan jerawat.

          Ambil daging alpukat dan masukkan kedalam wadah kemudian haluskan buah alpukat tersebut hingga berbentuk pasta.

          Tambahkan satu sendok madu lalu aduk hingga rata. Tambahkan juga air perasan lemon. Oleskan pada wajah yang berjerawat dan diamkan sekitar 20 menit.

          Bilas hingga bersih dengan air hangat dan keringkan dengan handuk yang bersih.

          Cuka Sari Apel

          Cuka sari apel mengandung asam laktat dan asam malat yang bisa mengangkat sel kulit mati. Juga sebagai anti oksidan yang dapat berfungsi untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat.

          Campur 5 ml cuka sari apel dengan air 95 ml. Oleskan pada wajah berjerawat dengan menggunakan kapas.

          Tunggu sekitar 20 menit kemudian cuci dengan air hangat. Keringkan wajah anda dengan handuk. Bisa juga di lakukan pada malam hari sebelum tidur.

          Baking Soda

          Baking soda bisa mengikis sel kulit mati, selain itu bisa juga membersihkan pori-pori yang tersumbat. Dan juga mampu meyerap minyak berlebih pada wajah.

          Campurkan dua sendok makan baking soda dengan satu sendok air sampai menjadi pasta. Oleskan pasta yang sudah jadi tersebut di wajah yang berjerawat.

          Tunggu hingga 15 menit dan bilas atau cuci dengan air hangat hingga bersih.

          Sebelum menggunakan pasta baking soda ada baiknya kamu test dulu apakah kulit kamu iritasi atau tidak. 

          Pada sebagian orang terkadang muncul reaksi kulit kemerahan. Artinya kulit kamu tidak cocok menggunakan pasta baking soda tersebut.

          Cukup oleskan sedikit di wajah dan liat reaksinya. Bila tidak terjadi apa apa artinya kulit kamu cocok dengan pasta baking soda tersebut.
           
          Pasta Gigi

          Pasta gigi biasanya mengandung Triclosan, floutide dan hidrogen peroksida yang bisa mencegah iritasi kulit.

          Selain itu pasta gigi juga berguna untuk mengeringkan jerawat dan mengurangi peradangan di kulit wajah. Oleh sebab itu penggunaan pasti gigi bisa untuk menghilangkan jerawat.

          Ambil sedikit pasti gigi merk apa saja kemudian oleskan tipis di wajah yang berjerawat. Jangan mengoleskan di semua area wajah.

          Biarkan selama sekitar 2 jam dan kemudian bilas dengan air dingin dan keringkan dengan handuk yang bersih.
           
          Menggunakan Obat tetes mata

          Obat tetes mata mengandung tetrahydrozoline hydrochloride yang bisa untuk menghilangkan kemerahan pada kulit wajah sehingga bisa menghilangkan jerawat.

          Teteskan obat tetes mata tersebut pada kapas lalu oleskan pada wajah yang berjerawat.

          Minyak zaitun

          Minyak zaitun berfungsi untuk mencegah terjadinya peradangan pada wajah berjerawat. Bila di gunakan pada wajah akan membuat wajah terasa lebih lembab.

          Bersihkan wajahmu terleih dahulu sebelum menggunakan minyak zaitun. Lalu oleskan minyak zaitun pada bagian wajah yang berjerawat. Diamkan hingga esok pagi.

          Setelah bangun pagi segera bersihkan wajah kamu. Lakukan secara rutin supaya wajahmu bebas jerawat dan wajah tampak semakin lebih bersih.

          Daun sirih

          Daun sirih banyak mengandung anti oksidan sehingga sangat cocok untuk menghilangkan jerawat. Selain itu juga bersifat anti bakteri. Sehingga bisa membasmi bakteri jerawat.

           Haluskan daun sirih kemudian tambahkan air hangat secukupnya. Tunggu beberapa saat, dan langsung bisa di oleskan pada bagian yang berjerawat.

          Kentang

          Kentang dapat membersihkan pori-pori yang tersumbat pada wajah yang berjerawat. Cara menggunakannya cukup mudah saja.

          Haluskan kentang terlebih dahulu, kemudian oleskan pada bagian wajah yang terkena jerawat. Tunggu hingga 30 menit lalu bersihkan.

          Stroberi

          Buah stroberi bisa membersihkan dan mencerahkan kulit wajah anda. Cara menggunakannya cukup mudah.

          Belah buah stroberi kemudian oleskan perlahan pada bagian wajah yang berjerawat. Biarkan selama 3 menit kemudian bilas hingga bersih dengan air dingin.

          Minyak Lavender

          Minyak lavender terkenal dengan aromanya yang menenangkan perasaan. Dan juga minyak lavender ini bisa di gunakan untuk membersihkan jerawat di wajah.

          Teteskan minyak lavender pada bagian wajah yang berjerawat dan biarkan sampai meresap. Lakukan hal tersebut pada pagi hari dan malam hari.

          Tomat

          Tomat banyak mengandung vitamin C dan juga Vitamin A. Selain itu tomat juga mengandung Lycopene yang bisa membantu menghilangkan jerawat.

          Haluskan tomat dan jadikan masker. Tunggu hingga 30 menit kemudian bilas masker tomat tersebut dengan air hingga bersih.

          Peppermint

          Daun pepermint bisa memberikan rasa segar di wajah. Pepermint mengandung mentol sehingga memberikan efek dingin.

          Ambil daun pepermint kemudian haluskan lalu oleskan pada wajah yang berjerawat. Tunggu hingga 30 menit. Setelah itu segera bilas dengan air bersih.

          Dari sekian banyak media yang bisa di gunakan untuk menghilangkan jerawat tersebut. Pilih bagan yang paling mudah di temukan di sekitar anda.

          Jangan lupa untuk test bahan tersebut sebelum menggunakannya. Cara mengetes nya yaitu cukup dengan sedikit di oleskan pada wajah. Bila tidak terjadi iritasi kulit maka gunakan media tersebut.