Cara Menghitung Selisih Dua Tanggal Dengan PHP

Cara Menghitung Selisih Dua Tanggal Dengan PHP- Sudah lama tidak menulis tutorial buat teman-teman penggemar PHP. Kebetulan nih ada sedikit waktu luang. Tadi pagi ada mahasiswa bimbingan yang sedang konsultasi Tugas Akhir. Dia membuat sebuah sistem informasi perpustakaan dan bertanya bagaimana sih cara menghitung lama pinjam buku di perpustakaan pada saat pengembalian buku yang sudah dipinjam anggota perpustakaan.

Saya balik nanya itu fungsinya untuk apa? Dia jawab itu untuk menghitung denda karena apabila ada anggota yang telat mengembalikan buku maka dikenakan denda Rp 1000 per hari.’ (Matre juga nih petugas perpus hehehe). Tapi memang itu wajar diterapkan agar tidak ada anggota perpustakaan yang pinjam kelamaan (mending kelamaan, kalau buku perpus dibawa kabur..’ gawat darurat, bisa bisa habis dech semua buku di perpustakaan );

Saya berikan jawaban dengan logika sederhana, kalau menghitung jumlah hari atau lama pinjam ya tinggal menghitung tanggal kembali dikurangi tanggal pinjam.’ Mahasiswa koment lagi, masalahnya adalah tipe data tgl pinjam dan tgl kembali di MySQL itu DATE pak, bukan Integer, Jadi tidak bisa langsung dikurangi. (ternyata mahasiswa saya ini cukup cerdas juga hehehe), ya daripada dia pusing tujuh keliling dan penasaran terus akhirnya saya coba membuatkan tutorial untuk menghitung selisih hari antara 2 tanggal seperti berikut ini :

Cara Menghitung Selisih Dua Tanggal Dengan PHP

# Penjelasan dari coding di atas adalah :
Baris ke 2-3 merupakan tanggal yang akan kita cari
Baris 5-8 merupakan pemecahan bentuk tanggal pertama ($tgl1) menjadi variable-variabel
Baris 10-13 merupakan pemecahan bentuk tanggal ($tgl2)’kedua menjadi variabel-variabel
Baris ke 15-16 merupakan penggunaan dari fungsi’gregoriantojd()
Baris ke 17 merupakan selisih dari hasil fungsi’gregoriantojd() pada tanggal ke-2 dan ke-1.

Script Website sederhana ini dibuat berbasis CMS (Content Management System) dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL.

Website ini saya buat dengan tujuan sebagai dasar pembelajaran script PHP bagi pemula yang baru mengenal CMS (Content Managemement System), baik umum, siswa maupun mahasiswa. CMS Merupakan teknologi web yang semakin berkembang saat ini.

CMS sendiri dibuat berdasarkan pola pemikiran bagaimana pengguna atau pemilik web mengelola semua content melalui admin area, tanpa direpotkan dengan’ bahasa script atau coding.

Di dalam script berita ini terdapat 4 tabel yaitu tabel user, kategori, berita dan download. Beberapa fasilitas yang sudah saya buat adalah :

Halaman home (yang anda baca saat ini) dibuat lewat admin area.

  • Halaman berita singkat setiap kategori
  • Halaman berita lengkap
  • Modul 5 berita terbaru
  • Modul 5 file download terbaru
  • Halaman download file.
  • Hit counter dengan gambar
  • Modul Kalender
  • Modul Social Media (FB dan twitter).
  • Kelola kategori, file dan berita via admin.
  • Editor WYSIWYG (What You See Is What You Get).

Namun demikian, script ini masih butuh banyak pengembangan. Mungkin tugas anda bisa mengembangkannya agar lebih sempurna misalnya adalah : Akses multiuser sehingga orang lain bisa memasukkan berita, fasilitas pencarian berita, serta berita populer..

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More