Cara Menulis Artikel Seo Friendly Berkualitas Untuk Blog Anda

Untuk menjadi seorang master seo indonesia anda tentu harus mahir dalam membuat artikel. Memiliki Artikel yang seo friendly di blog merupakan dambaan setiap blogger. Namun kebanyakan blogger terjebak di teknik penulisan yang salah.

Artikel seo bukan artikel yang di tujukan untuk robot google. Namun lebih di tujukan untuk pembaca yaitu manusia.

Yang menilai artikel kita adalah pembaca, google hanya mengumpulkan data tingkat kepuasan pembaca terhadap sebuah artikel.

Setelah mengumpulkan data tersebut barulah google bisa menempatkan sebuah artikel di tempat yang baik sesuai kata kunci yang di cari pengunjung.

Sering terjadi sesaat setelah kita mempublikasikan artikel terkadang langsung berada di page one. Namun beberapa hari kemudian posisinya berubah ke halaman lain. Dan Selalu berpindah posisi dari hari ke hari. Ini terjadi karena google masih ragu untuk menempatkan di mana posisi yang terbaik untuk artikel kita.

Artikel Seo Friendly

Kita tidak bisa berbuat apa-apa hanya bisa melihat perpindahan posisi artikel tersebut. Setelah beberapa minggu google menemukan posisi terbaik untuk artikel kita. Di situlah posisi artikel menetap untuk jangka waktu tertentu.

Artikel seo meliputi :

  • Panjang artikel minimal 300 kata. Sesuikan dengan judul dan tema apa yang sedang di bahas.
  • Memiliki kata kunci di dalam artikel dan judul artikel.
  • Url pendek sekitar 2-3 suku kata

Banyak blogger yang terjebak membuat artikel panjang sampai 4000 kata namun hanya berisi sinomim dan keyword turunan. Google tidak menyukai jenis artikel tersebut. Begitupun dengan pembaca yang bosan membaca kalimat yang di bolak-balik hanya untuk memperbanyak paragraf dan jumlah suku kata saja.

Contoh sederhananya seperti ini, anda membuat artikel dengan judul "Cara membuat blog di blogger" Artikel tersebut berisi 4000 kata. Ini contoh yang salah dalam penulisan. Jangan hanya karena ingin menang di penelusuran kita membuat pembaca menjadi bosan. Biasanya artikel tutorial itu tidak sampai 1000 kata. Mungkin cukup dengan 300-500 kata saja.

Contoh lain, anda membuat artikel berjudul "Seo Basic 2019" dengan di isi 3000 kata. Apakah wajar ? iya itu sangat bagus. Karena seo basic itu meliputi banyak hal seperti : struktur template, loading website, HTTPS, dan lain sebagainya. Anda jelaskan secara rinci mengenai faktor yang terkait dengan seo basic tersebut. Semakin dalam anda membahas maka semakin bagus. Dengan catatan tidak keluar dari topik pembahasan.

Tips Membuat Artikel Seo Friendly :

  1. Masukkan kata kunci di judul.
  2. Masukkan kata kunci di paragraf pertama atau baris pertama artikel.
  3. Buat internal link yang menuju artikel lain dengan topik yang sama.
  4. Gunakan tag Heading H2 di tengah artikel dengan kalimat menyerupai judul atau sama dengan judul.
  5. Buat 1 link keluar yang menuju blog lain yang membahas topik yang sama.
  6. Masukkan 1 gambar dengan melengkapi alt tag images sesuai judul atau kata kunci yang di bidik.
  7. Kesimpulan dari artikel yang anda buat.

Untuk yang ingin membuat artikel panjang (Lebih dari 1000 kata) cobalah memasukkan related keyword seperti gambar berikut ini.

  • Penelusuran yang terkait dengan artikel seo
  • Dan juga People also ask seperti gambar di bawah ini :

Hal yang harus selalu di ingat adalah tetap bijak dalam memasukkan keyword suggesti dan keyword pertanyaan tersebut. Cukup gunakan porsi yang sesuai dengan panjang artikel dan judul artikel yang anda buat.

Contoh nya anda membuat artikel sekitar 1000 kata, maka cukup masukkan 1 related keyword dan juga 1 keyword pertanyaan. Jangan di masukkan semua karena artikel anda hanya menjadi artikel yang penuh keyword dan tidak enak di baca. Tentu robot google juga tidak menyukai jenis artikel tersebut.

Kesimpulan Mengenai pembahasan Artikel Seo.

Yang terpenting artikel anda di tujukan untuk manusia. Sebelum publish artikel, biasakan membaca lagi dan lagi. Bila tidak enak di baca dan terkesan ada kata yang di paksaan demi memasukkan keyword, coba di revisi terlebih dahulu.

Buatlah artikel dengan rapih, jangan asal memasukkan kata kunci. Jadikan kata kunci hanya pemanis untuk search engine atau dengan kata lain untuk pancingan saja. Utamakan kepuasan pembaca. Karena yang membaca artikel kita adalah pengunjung.

Bila artikel kita bagus, padat berisi informasi yang akurat sesuai yang di cari pengunjung. Maka suatu saat pengunjung akan kembali ke blog kita dan tidak menutup kemungkinan mereka berlangganan artikel kita. Sekian dan terima kasih telah membaca artikel ini. Salam Seo.